Apa itu produk digital? Produk digital adalah produk yang tidak berwujud, tidak dapat disentuh dan tidak memiliki bentuk fisik yang dipasarkan. Secara umum, produk-produk digital ini dipasarkan melalui internet atau online, dari proses penjualan, transaksi, pengiriman dan penggunaannya juga secara elektronik.









Seiring dengan perkembangan dunia internet yang semakin maju, produk-produk digital sekarang umum dipasarkan dan memiliki konsumen sendiri. Selain itu, pengembangan produk digital sendiri tidak dapat dipisahkan karena efisiensi dan kepraktisannya dibandingkan dengan produk fisik yang memerlukan perlakuan khusus, seperti ruang penyimpanan, pengemasan dan pengiriman, yang harus dilakukan dengan cara konvensional. Tidak seperti produk digital yang tidak membutuhkan ruang fisik untuk menyimpan dan mengirim, biasanya melalui unduhan digital melalui Internet.




Dibawah ini adalah contoh produk Digital antara lain :





  • Ebook (biasanya dalam format PDF atau Kindle)
  • video (biasanya dalam format MP4 atau FLV)
  • software (biasanya dalam format exe atau air)
  • Musik MP3 (dalam format MP3)
  • Tiket Online (dalam format kode atau email)
  • Aplikasi (Android apps atau iPhone apps)




Berikut ini adalah beberapa Situs Marketplace yang khusus menjual produk dalam bentuk digital:








Pembelian produk digital selain menggunakan metode pembayaran konvensional seperti transfer bank lokal, Western Union, atau Giro/Check, juga biasa menggunakan pembayaran online menggunakan kartu kredit, PayPal atau Bitcoin. Tetapi kalau di Ratakan, kita cukup transfer ke Bank lokal, karena Ratakan adalah Marketplace yang di buat oleh anak negeri Indonesia.




Baca Juga : Cara memiliki Online Shop Produk Digital Tanpa Ribet




Produk Digital Apa Saja Yang Ada Di Ratakan ?





Ratakan menyediakan berbagai macam produk digital terbesar di Indonesia. Ratusan produk digital tersedia di Ratakan ini, jika sobat ingin tahu produk apa saja yang di Ratakan ini, berikut ini adalah produk digital :




@. Ebook : berbagai macam Ebook tersedia di Ratakan seperti Ebook panduan Bisnis Online, Internet Marketing, SEO, dan lain lain.




@. Video Tutorial : Produk Digital Video tutorial juga tersedia di Ratakan, diantaranya adalah : Tutorial Bisnis Online, Dropship, Affiliate Marketing, facebook Ads, Istagaram Ads, Google Ads, SEO, dan lain lain.




@. Tool : Ratakan juga menjual Produk Digital Tool atau Software, antara lain : Tool Internet Marketing, Tool Share ke berbagai media sosial, dan lain lain.




Bagaimana Cara Membeli Produk Digital Di Ratakan ?





Cara membeli produk digital di Ratakan caranya sangat mudah, ada beberapa langkah saja yang perlu kita lakukan , yaitu sebagai berikut :




  1. Langkah Pertama , kunjungi situs Ratakan di sini >>>Ratakan
  2. Pilih produk yang akan di beli, kemudian klik gambarnya
  3. Jika sudah kebuka, maka Sobat akan menemukan deskripsi produk tersebut. Silahkan baca deskripsi produk digital tersebut secara seksama, kemudian
  4. Scrool ke bawah sampai menemukan gambar seperti dibawah ini









5.Kemudian klik "BELI SEKARANG" kemudian sobat akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini :









6.Klik "Selanjutnya"




7.Maka selanjutnya, sobat diminta untuk memasukan nama, email, alamat, No Handphone, Kode Pos, dan lain lain.




8. Pilih metode pembayaran.




9. Lakukan pembayaran sesuai harga, setelah diskon kalau lagi diskon, sesuai dengan kode unik. Kode unik ini diberikan oleh Ratakan untuk mempermudah pelacakan pembayaran, anda, jika sudah maka tinggal konfirmasi, di form konfirmasi yang telah di sediakan oleh Ratakan.




10.Jika sudah konfirmasi, tunggu, konfirmasi dari Ratakan 1x24 jam, untuk bisa mendownload paket produk digital yang kita beli.




11. Jika sudah ada konfirmasi dari Ratakan, maka Produk digital siap do download, caranya masuk atau login dahulu ke Ratakan.com, lalu setelah login, produk digital anda siap di download di komputer Anda.




Oke sekian dahulu artikel tentang produk digital ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan sampai jumpa lagi.




Baca Juga : Rahasia Sukses Bisnis Produk Digital